Bisnis Online

Bisnis Online

Cara Mudah Memasang Iklan Gratis di Internet

Cara Mudah Memasang Iklan Gratis di Internet - Menjadi seorang pengusaha, hukum wajib yang harus dilakukan adalah, mengiklankan usaha yang sedang dirintisnya. Mengapa demikian...?     Karena Iklan akan sangat berpengaruh terhadap jumlah pelanggan.

Baiklah, berikut analoginya :

1. Ada seorang pengusaha baju batik di sebuah kota besar, dalam merintis usahanya, dia tidak pernah mengiklankan atau menawarkan kepada masyarakat sekitar maupun masyarakat diluar sana. Padalah sebenarnya bahan baju batik yang di jual sebenarnya kualitasnya sangat bagus dan harganya pun juga tidak terlalu mahal.

Logikanya, seharusnya dengan barang yang bagus dan harga yang tidak terlalu mahal, maka baju batik tersebut akan menjadi sasaran para peminat baju batik. Tetapi malah sebaliknya, usaha tersebut tidak berjalan lama akhirnya gulung tikar. Coba kita pikirkan kira-kira permasalahannya karena apa.....?

Jawabannya : Tidak ada pembeli yang datang (karena tidak ada iklan)


2. Ada seorang penjual tongseng kepala kambing, lokasi usahanya disebuah desa yang bisa dikatakan agak pelosok. Tetapi dalam menjalankan usahanya, rumah makannya tidak pernah sepi pengunjung, padahal terkenal harga mahal.

Logikanya, seharusnya dengan beberapa hal seperti : tempatnya jauh dari keramaian, harga yang mahal akan membuat warung tongseng kepala kambing ini sepi atau bahkan tidak ada yang mau berkunjung ke warungnya. Coba kita pikirkan, kira-kira kenapa kok bisa malah sebaliknya, warungnya selalu ramai dikunjungi bahkan sampai antri-antri.

Jawabannya : Selalu ramai pembeli karena, bermula dari iklan, pelayanan yang bagus dan masakan yang memuaskan, dan akhirnya dari mulut ke mulut, bahkan ada pelanggannya ada yang mengesharekan lewat jejaring sosial dengan niatan bercerita pengalaman pada teman-temannya, sehingga akhirnya tanpa disadari pemiliknya, pelanggannya datang dari berbagai wilayah.


Dari dua cerita diatas, sebenarnya kita bisa mengambil kesimpulan bahwa, yang namanya merintis sebuah usaha harus diawali dengan pengiklanan. Terserah mau iklan yang gratis atau iklan yang berbayar.

Nah, berkaitan begitu pentingnya sebuah iklan dalam memulai sebuah usaha, Maka pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi tips mengenai "Cara Mudah Memasan Iklan Gratis di Internet".

Mengapa harus lewat internet .....?

Karena, dengan internet informasi akan beredar dengan pesat sekali dan jangkauanya pun juga sangat luas (Seperti ceritanya seorang penjual tongseng kepala kambing di atas).

Berikut beberapa Media Penyedia  Iklan Gratis di Internet :
  • OLX
  • Online Shop
  • Youtube
  • Facebook Fanpage
  • Kaskus FJB


Cara Pasang Iklan lewat OLX
OLX merupakan salah satu website yang menyediakan pemasangan iklan secara online. Ada 2 macam pilihan pemasangan iklan di OLX, yaitu : gratis dan berbayar.

cara pasang iklan di olx


OLX bisa kita jadikan sebuah pilihan untuk memasang iklan secara gratis, seperti motonya "Cara Tepat Jual Cepat". Berbagai barang bisa di jual di website ini : mulai dari yang bekas maupun yang baru.

Untuk memsang iklan gratis di OLX sangatlah mudah, Silahkan ikuti langkah langkah dibawah ini :
  1. Buka alamat web www.olx.co.id
  2. Klik tombol + pasang iklan gratis
  3. Isi semua data berkaitan deskripsi barang atau jasa yang mau kita Iklankan, seperti (Kategori iklan, Tipe Iklan, Judul Iklan, serta nama dan alamat e-mail anda) dan dilanjutkan klik tombol Simpan
  4. Biasanya sekitar satu jam kemudian, iklan akan nampil di website OLX


Cara Pasang Iklan lewat Online Shop
Online Shop juga bisa menjadi alternatif untuk memasang iklan secara gratis. Online Shop atau toko online bisa kita buat menggunakan web gratisan seperti Blogger maupun Wordpress.

cara pasang iklan di online shop


Semakin bagus Online Shop yang kita bangun (tampilannya menarik, lengkap isinya, ringan websitenya) maka akan banyak pengunjung yang berkunjung ke Online Shop yang kita buat Dan akhirnya akan berefek pada jumlah transaksi yang semakin meningkat pula.

Jadi kuncinya, kita harus buat terlebih dahulu online shop. 



Cara Pasang Iklan lewat Youtube
Youtube merupakan salah satu terbesar di dunia. Kalau dalam peringkat Alexa, saat ini youtube berada pada peringkat  ke 2 dunia setelah google.com. Hal tersebut menandakan bahwa memang youtube setiap harinya dikunjungi oleh berjuta-juta orang.

Sehingga kalau kita ngomong masalah bisnis maka secara otomatis kita akan berfikiran bahwa blogger ini merupakan media yang sangat tepat sekali untuk mempromosikan produk kita.

cara pasang iklan di youtube


Nah, untuk memasang iklan di youtube tidaklah sulit. Silahkan perhatikan langkah-langkah mendaftar youtube di bawah ini :
  1. Buka alamat Youtube.com
  2. Buat akun youtube, bila belum mempunyai akun
  3. Silahkan klik tombol upload (bisanya letakknya pada sisi kanan atas website bergambar panah)
  4. Pilih Select File to Upload > cari lokasi file video yang mau kita upload > Pilih filenya kemudian tinggal kita upload.

Cara Pasang Iklan lewat Facebook Fanpage
Siapa yang belum mengenal Medsos yang satu ini, website yang mampu mengumpulkan berjuta juta orang untuk bisa saling berkomunikasi di berbagai belahan negara. Facebook merupakan salah satu Media Sosial yang mempunyai multi fungsi, diantaranya :
- Sebagai media untuk berkomunikasi
- Sebagai media untuk berbisnis yaitu dengan menggunakan Fanpage

cara pasang iklan di facebook fanpage


Facebook Fanpage memberikan fasilitas bagi para pengguna facebook untuk menawarkan sebuah iklan untuk sebuah produk barang maupun jasa. Karena fasilitas Fanpage tersebut, maka website ini sangat tepat sebagai media untuk menawarkan produk kita.

Untuk membuat Facebook Fanpage, sangatlah mudah. Perhatikan langkah-langkahnya berikut ini

  1. Masuk ke akun facebook anda
  2. Klik tombol Page (biasanya berada pada sisi website sebelah kiri) atau kalau pingin cepat bisa langsung masukkan alamat https://www.facebook.com/pages/create  
  3. Kemudian pilih kategori Fanpage
  4. Tentukan pilihan brand dan produk dilanjutkan klik website
  5. Kemudian dilanjutkan dengan mengisi deskripsi dari produk yang mau kita promosikan. Jangan lupa juta beri foto untuk  memperjelas produk yang kita tawarkan.
  6. Kalau sudah, berarti Facebook Fanpage sudah bisa kita gunakan untuk mempromosikan produk kita.

Cara Pasang Iklan lewat Kaskus FJB
Kaskus FJB merupkan sebuah forum jual beli online, dengan media yang satu ini kita bisa mempromosikan produk yang kita miliki. Kaskus FJB memiliki kelebihan dibandingkan situs pasang iklan lainnya, seperti olx, berniaga dll. Yaitu : setiap kita pasang iklan, maka secara otomatis iklan langsung muncul di halaman website kaskus tanpa harus nunggu di review terlebih dahulu. Tetapi memang kelemahannya loading nya agak lama, karena situs ini cukup berat.
cara pasang iklan di kaskus fjb
Untuk memasang iklan lewat Kaskus FJB caranya sangat mudah, berikut caranya :

  1. Buka alamat www.kaskus.co.id/fjb
  2. Klik tombol Want to Sell
  3. Tentukan kategori iklan yang kita inginkan (apakah jasa, komputer, karya seni atau yang lainnya)
  4. Kalau sudah klik tombol Next Step dan dilanjutkan memasukkan formasi iklan, mulai dari judul iklan, deskripsi iklan yang mau kita pasang. 
  5. Kalau langkah-langkah diatas sudah selesai tinggal klik captcha dan klik tombom submit
Demikian artikel mengenai "Cara Mudah Memasang Iklan Gratis di Internet" semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment